Cara membuat masakan orek tahu pedas

Masakan orek tahu lebih maknyus jika dimasak pedas. Berikut petunjuk paling lengkap bagaimana cara membuat masakan orek tahu pedas dengan bumbu bumbu sederhana dan harganya murah. Bahan utama tentu saja tahu. Anda bisa menggunakan segala macam jenis tahu, seperti tahu putih, tahu kuning, maupun tahu kulit bisa dimasak dengan enak dengan bumbu orek tahu.

Cara membuat orek tahu sebenarnya juga tidak sulit, yang penting anda menggunakan bumbu bumbu komplit, maka cita rasanya ditanggung enak. Kalau admin sih akan lebih mantap jika masakan orek tahu ini dimasak dengan rasa pedas, sehingga masakan orek tahu pedas akan lebih sedap dari pada jika dimasak orek tahu gurih. Bahan bumbunya tidak beda jauh dengan resep orek tempe bunda.

Bagi masyarakat jawa atau orang sunda membuat masakan orek memang bukan merupakan masakan asing, sebab sudah merupakan resep masakan indonesia yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hal yang sama seperti pada masakan tradisional lainnya seperti halnya sayur nangka muda yang merupakan olahan favorit masyarakat jawa, khususnya warga Yogjakarta yang juga sangat terkenal dengan resep gudeg hingga dikenal masyarakat internasional.

Masakan orek tahu banyak dibikin oleh masyarakat tempo dulu. Tahu yang terbuat dari bahan kacang kedelai yang mempunyai kandungan protein tinggi. Bahan pangan yang terbuat kacang kedelai selain tahu yakni tempe yang sama sama kita tahu sebagai bahan pangan paling digemari saat ini. Lihat saja saat sore hari para pedagang gorengan selalu dikerumuni oleh pembeli yang membeli tempe goreng. Perlu diketahui bahwa cara membuat tempe sebenarnya tidak sulit dan bahkan cukup mudah.

Nah bagi bunda yang ingin belajar membuat masakan tahu orek rasa pedas, yuk salin resep masakan orek tahu pedas berikut ke buku masakan anda :

Resep masakan orek tahu pedas

masakan orek tahu


Bahan bahan
  • Tahu 2 buah, potong dadu dengan ukuran disesuaikan, bisa menggunakan jenis tahu apa saja.
  • Cabe merah besar 5 buah, potong potong serong.
  • Cabe rawit hijau : secukupnya dan potong potong serong, sesuaikan dengan selera pedas anda.
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak untuk menumis 3 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa atau royco secukupnya
Bumbu yang dihaluskan
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • lengkuas satu ruas
  • kemiri 2 butir
  • kunyit 1 cm
Cara membuatnya
  1. Tumis bumbu halus hingga harum lalu aduk aduk hingga layu.
  2. Goreng setengah matang tahu yang telah dipotong dadu.
  3. Masukkan tahu dan irisan cabe sambil terus di aduk aduk.
  4. Tambahkan kecap manis secukupnya lalu tambahkan gula pasir, penyedap rasa dan garam.
  5. Aduk kembali hingga bahan tercampur rata dan tunggu sampai matang dan mendidih kuahnya.
  6. Angkat lalu orek tahu siap disajikan
Demikian bunda cara membuat orek tahu pedas. Belajar juga masakan jawa lainnya seperti masakan sayur lodeh yang merupakan masakan favorit orang jawa. Baca dan mencoba untuk belajar cara membuat gado gado komplit.