Resep kue bolu rampah asli makassar

Resep kue bolu rampah asli makassar. Kue bolu rampah merupakan salah satu kue tradisional asli masyarakat makassar. Kue yang termasuk dalam ketegori resep masakan indonesia ini sebenarnya merupakan salah satu sajian yang cukup unik, namun kurang promosi sehingga masih belum dikenal secara nasional seperti resep kue brownies yang sudah melegenda.

Kue bolu rampah asli makassar cukup unik dan tentu saja juga sangat enak cita rasanya. Kelebihan dari resep bolu makassar ini adalah dimasukkannya kacang almond atau buah kenari sebagai pemanis tampilannya, sehinga saat dikunyah wow ada sedikit tantangan disana.

Hal yang berbeda saat anda mengunyah kue bolu pada umumnya, karena pada umumnya kue bolu sangat lembut dan bahkan saat dikunyah mampu mendatangkan rasa khas bolu. Sehingga untuk menciptakan cita rasa innovasi baru tentunya memerlukan sedikit kreasi dan kue bolu rampah makassar ini merupakan salah satu kreasi bolu.

Bahkan saat ini yang lagi sedang naik daun dan banyak yang menulis resepnya adalah kue bolu gulung durian yang menyajkan cita rasa durian asli. Itulah salah satu keunikan kue bolu yang bisa direkayasa sedemikian rupa sehingga khas rasa bolu masih tersimpan disana.

Resep kue bolu rampah

kue bolu rampah


Bahan bahan yang diperlukan

  • 220 gram Tepung terigu protein sedang
  • 50 gram Susu bubuk full cream (opsional)
  • 2 sendok teh Bubuk spekuk
  • 1 sendok teh Kayu manis bubuk
  • 1/2 sendok teh Garam halus
  • 1/2 sendok teh Baking powder double acting
  • 7 butir Telur ayam ukuran besar
  • 150 gram Gula palem bubuk
  • 50 gram Gula pasir
  • 100 ml Minyak goreng atau margarine atau mentega cair
  • 20 butir Kacang almond atau kenari cincang kasar

Petunjuk lengkap cara membuat bolu rampah asli Makassar

  1. Langkah pertama siapkan oven dan atur suhunya menjadi 170 derajat celcius.
  2. Kemudian siapkan loyang khas bolu, olesi dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu. Balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung.
  3. Taburi dasari loyang dengan kacang mete atau kenari atau almond cincang. Sisihkan
  4. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, bubuk spekuk, kayu manis bubuk, garam, dan baking powder ke dalam sebuah mangkuk, aduk rata. Sisihkan.
  5. Lalu masukkan telur, gula palem bubuk dan gula pasir ke dalam mangkuk mikser.
  6. Kocok bahan bahan tersebut dengan kecepatan rendah lalu naikkan kecepatan menjadi tinggi hingga adonan menjadi pekat dan mengembang secara alami.
  7. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan.
  8. Aduk adonan dengan gerakan cepat dan lembut, gunakan teknik aduk balik hingga adonan yang terbentuk berat, pekat, kental tetapi tetap mengembang.
  9. Selanjutnya tuangkan minyak goreng, aduk adonan dengan teknik aduk balik hingga minyak tercampur baik bersama adonan.
  10. Setelah itu tuangkan adonan ke loyang yang telah disiapkan.
  11. Panggang adonan tersebut selama 45 menit hingga permukaan cake mulai tampak kecoklatan dan matang.
  12. Setelah matang, keluarkan kue dari dalam oven dan biarkan selama 10 menit untuk membuang uap panasnya.
  13. Lalu keluarkan kue dari dalam loyang, potong – potong kue sesuai selera dan letakkan di atas piring saji.
  14. Bolu rampah sudah siap disajikan.
Demikian petunjuk lengkap tentang bagaimana cara membuat kue bolu asli makassar yang biasa disebut sebagai bolu rampah. Selanjutnya silahkan tulis juga cara membuat kue pukis untuk keluarga tercinta.