Menu ikan bakar lebih sehat dan bergizi

Masakan ikan bakar. Ikan merupakan sumber protein dan gizi yang cukup lengkap dari asam amino hingga magnesium, phosphor,iodium, fluor, zat besi, copper, zinc, dan selenium. Namun demikian jika salah cara pengolahannya, maka nilai gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan ini akan hilang sia sia. lantas bagaimana cara pengolahan ikan yang benar.

ikan bakar


Seperti diketahui bahwa ikan ada dua jenis yakni ikan air tawar dan ikan air asin atau ikan hasil lautan. Ikan air tawar sendiri ada beberapa macam seprti ikan bawal, ikan mas, ikan gurame, ikan bandeng, ikan mujai, dan lainnya. Beberapa jenis ikan yang cukup diminati oleh mayarakat salah satunya adalah ikan mas.

Jenis pengolahan ikan yang kita kenal saat ini juga ada beberapa macam, yakni melalui proses penggorengan, pembakaran, bahkan beberapa orang sangat suka dengan ikan sayur. Penggemar ikan yang dibuat sayur ini biasanya tergolong bagi kaum tua, sedangkan anak anak jaman sekarang lebih suka dengan ikan goreng atau ikan bakar atau daging ayam istimewa.

Berbicara soal ikan bakar tentu kita akan langsung teringat pada setiap akhir tahun yaitu malam tahun baru yang biasanya dimeriahkan dengan bakar bakar ikan maupun bakar jagung bakar. Kedua menu bakar tersebut dapat dibilang sebagai menu wajib malam pergantian tahun. Bisa dibilang semua orang dari anak anak hingga para orang tua disibukkan dengan bakar bakar makanan tersebut.

Tetapi karena pada hari hari biasa sangat jarang yang melakukan atau membuat ikan bakar, maka tentunya resepnya sering lupa dan bahkan juga banyak yang belum pernah melakukannya. Padahal yang namanya ikan mas bakar rasanya sungguh nikmat, apalagi sambil ngobrol mengenang kehidupan selama setahun yang sudah terlewatkan. Pelajari juga cara bikin ayam bakar

Dari sekian banyak jenis ikan bakar hanya ada satu ikan bakar yang selain enak namun juga lumayan mahal harganya. Meskipun demikian cara bikin ikan bakar cukup mudah kok. Tinggal olesi bumbu dan bakar sudah beres, yah hanya segampang itu. Namun jika anda ingin cara lengkapnya, yuk ikuti resep gurame bakar pedas manis pedas manisa berikut :

Resep masakan ikan bakar gurame pedas manis enak

Bahan utama masakan ikan gurame bakar pedas manis
⇨1 kg ikan gurame segar ( usahakan yang berisi 2 ekor )

Bahan Olesan masakan ikan gurame bakar pedas manis
⇨kecap manis secukupnya
⇨minyak sayur atau mentega secukupnya

Bumbu halus masakan ikan gurame bakar pedas manis
⇨3 siung bawang putih
⇨3 butir kemiri sangrai
⇨1 cm kunyit
⇨5 butir bawang merah
⇨10 buah cabe rawit hijau ( atau sesuai selera )
⇨1/2 sendok teh gula pasir
⇨garam secukupnya
⇨penyedap rasa secukupnya

Cara membuat masakan ikan gurame bakar pedas manis
⇰ikan gurame dicuci dengan air sampai benar-benar bersih
⇰setelah ikan dicuci bersih, lumuri dengan bumbu yang dihaluskan sampai rata
⇰bakar ikan yang sudah dilumuri dengan bumbu diatas bara sampai setengah matang
⇰olesi ikan dengan bahan olesan yang sudah dicampur menjadi satu
⇰bakar lagi ikannya sampai benar-benar matang dan kering sambil dibolak-balik
⇰ikan gurame bakar siap disajikan
⇰sumber resep : https://inforesepmasakansederhana.com/resep-bumbu-ikan-gurame-bakar-madu-bumbu-rujak-pedas-manis-enak/