Tips lengkap cara membuat cincau mudah dan praktis

Tips lengkap cara membuat cincau mudah dan praktis. Cincau merupakan bahan es minuman segar yang dingin dan menyehatkan. Cincau juga mampu meredakan rasa panas dalam tubuh. Sehingga cukup mantap jika minum es cincau pada siang yang terik. Harga seporsi es cincau bisa dibilang cukup murah meriah. paling untuk es cincau 1 gelas atau satu mangkok hanya sekitar 5000 rupiah. Es cincau banyak di jual oleh para pedagang yang biasanya masih secara tradisional. Bahkan pedagang es cincau yang naik sepeda ini masih sering lewat di depan rumah anda.

Tahukah anda jika cara membuat cincau itu sangat mudah. Pada umumnya cincau ini ada dua jenis yakni cincau hijau dan lainnya cincau hitam. Cincau terbuat dari daun daunan khusus yang bisa menghasilkan gel kental warna hijau. namun untuk cincau hitam ada sedikit trik khusus cara membuatnya. Meskipun demikian pada dasarnya cara membuat cincau itu mudah. Berikut tips lengkap cara membuat cincau segar yang lembut.

Sebelum anda mencoba belajar cara membuat cincau ada baiknya untuk mengumpulkan bahan bahannya terlebih dahulu. Bahan untuk cincau hijau berbeda dengan bahan untuk membuat cincau hitam. Meskipun demikian jika di kampung kampung cukup mudah menemukan bahan bahan cincau hijau. Karena biasanya daun cincau ini ditanam sebagai pagar rumah atau pagar kebun. Saun cincau ini merupakan sejenis tanaman merambat yang mudah tumbuh di indonesia. Nah bagi anda yang ingin mencoba bikin cincau sendiri, yuk tulis resep cara membuat cincau secara lengkap di sini

Resep cara membuat cincau hitam

Resep cara membuat cincau hitam

Peralatan :
  • Kompor minyak atau gas atau jika Anda tinggal di pedesaan dan masih sulit mendapatkan kompor, menggunakan tungku api juga tidak masalah.
  • Alat untuk mengaduk loyang.
  • Alat penyaring yang sudah dibersihkan.
Bahan cincau hitam :

  • 1 kilogram daun janggelan (masyarakat lebih familiar dengan sebutan daun cincau kering).
  • NaOh/Abu Qi yaitu senyawa atau zat yang berguna untuk memudahkan keluarnya zat pati.
  • Tepung tapioka seperlunya.
  • Air mentah atau matang asalkan bersih seperlunya.

Cara membuat Cingcau Hitam :

  1. Daun cincau kering (janggelan) dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air yang jernih. Tujuan dilakukan pencucian ini agar zat pati dalam daun cincau kering bisa keluar.
  2. Semua daun cincau kering direbus kedalam panci yang sudah dituangkan air 20 liter, jangan lupa tambahkan zat NaOh/Abu Qi agar zat pati yang keluar semakin optimal. Aduk terus hingga mendidih, maksudnya agar buih yang keluar tidak tumpah.
  3. Zat pati yang sudah keluar disaring menggunakan alat penyaring.
Proses pembuatan jeli cincau hitam kenyal-kenyal :
  1. Tunggu hasil saring larutan zat pati mendingin, campurkan dengan tepung tapioka dalam wadah besar. Setelah itu aduk hingga tercampur.
  2. Rebus kedua bahan yang telah tercampur tadi ke dalam loyang maupun cetakan cincau.
  3. Biarkan selama 10 jam hingga cincau yang berbentuk jeli benar-benar dingin.
  4. Jika sudah dingin, cincau hitam siap dibungkus (bagi yang ingin dijual) atau dinikmati sendiri.
Berbagai macam resep kue basah tradisional
Resep cara membuat cincau hijau lembut

BAHAN :
  • 60 lembar daun cincau tua
  • 400 ml air matang
CARA MEMBUAT CINCAU HIJAU :
  1. Daun cincau hijau diberi air sedikit lalu remas-remas.
  2. Setelah itu beri air lagi sedikit remas lagi lakukan sampai air habis lalu saring.
  3. Setelah itu diamkan dikulkas 15-20 menit.
  4. Sajikan dengan santan dan gula merah atau sesuai selera.