Yuk mencoba membuat es krim sendiri

Es krim merupakan salah satu jajanan yang cukup banyak penggemarnya. Secara umum es krim ini mempunyai tampilan lembut, manis dan enak. Dengan demikian makanan yang satu ni lumayan banyak penggemarnya. Dari anak anak hingga orang dewasa sangat menyukai es krim. Lantas bagaimana cara membuat es krim yang enak dan mantap. YUk ikuti petunjuk lengkap cara bikin es krim lembut berikut :

es krim


Bahan-bahan :

  • 250 gr gula pasir
  • 3 gelas air
  • 3 saset skm putih (bisa indomilk, susu bendera, atau susu apapun yg bisa ditemukan di toko)
  • 1 saset susu bubuk (bisa diskip)
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan SP/ovalet/TBM

Bahan pelengkap

  • selai blackcurrent
  • pasta/bubuk coklat
  • daging buah durian secukupnya

Setelah bahan bahannya komplit yuk ikuti petunjuk selanjutnya.

  1. Siapkan panci untuk merebus gula, air putih, dan susu kental manis.
  2. Setelah gula, air, dan skm sudah tercampur rata, masukkan tepung maizena yg sudah dilarutkan dengan setengah gelas air.
  3. Aduk terus adonan agar tidak pecah sampai meletup-letup. Matikan api.
  4. Setelah adonan dingin, masukkan dalam kantong plastik es batu agar cepat beku. Jadikan menjadi 2 atau 3 bungkus.
  5. Masukkan freezer, tunggu sampai adonan setengah beku.
  6. Tim SP/ovalet. Adonan yg sudah beku hancurkan menggunakan garpu. Mixer adonan es beku dengan kecepatan sedang. Masukkan SP/ovalet yg sudah mencair. Mixer lg dgn kecepatan tinggi 15-20 menit sampai adonan mengembang 2 atau 3 kali lipat.
  7. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai jumlah perasa yg ingin ditambahkan. Jika perasa berupa bubuk, larutkan dulu dalam air. Jika perasa buah segar, bisa diblender halus baru dimasukkan adonan. Aduk dengan sendok atau mixer dgn kecepatan paling rendah.
  8. Dinginkan dalam freezer. Tunggu sampai membeku. Es krim walls homemade siap dinikmati. Kemarin aq buat es krim durian. Daging buahnya tidak aq blender biar masih berasa makan buah duriannya.
Saat ini kita cukup banyak mengenal berbagai macam es krim selain yang rasa durian, seperti es krim coklat yang enak, manis dan juga lembut.

Ada juga resep es krim yang merupakan resep terbaru, yakni es krim goreng. Dari namanya saja sudah aneh, sebab yang namanya es kok digoreng. Namun memang begitu kenyataannya. Bahkan ternyata cara bikin es krim goreng juga cukup sederhana dan praktis. Sehingga anda perlu untuk mencobanya sekali waktu. Baca juga beberapa macam kue tradisional.