Yuk belajar cara membuat cimol goreng

Cimol goreng rasanya enak, pedas,dan manis. Jajanan murah ini mudah juga kok bikinnya. Yuk mulai belajar cara membuat cimol goreng. Bahan bahannya mudah dan gampang di beli di warung, seperti tepung kanji dan tepung beras. Saat masih sekolah dasar tentu jajanan yang satu ini tidak asing lagi, sebab memang biasa di jual di depan sekolah sekolah dasar, maklum jajanan rakyat.

Untuk seluruh keluarga sih lebih baik dan irit biaya tentu dengan membuatnya sendiri. Selain bisa menambah ilmu membuat kue juga lumayan untuk mengisi waktu senggang di rumah. Resep cimol goreng merupakan resep tradisional yang termasuk dalam resep masakan indonesia dari daerah sunda.

cimol goreng


Cimol sangat enak disajikan, karena biasanya dilengkapi dengan bumbu-bumbu tambahan, baik asin ataupun pedas. Rasa makanan cimol ini sangat khas, karena jika digigit terasa kenyal-kenyal di lidah. Cimol paling lezat disantap saat masing hangat. Nah, daripada anak Anda jajan di luar, lebih baik Anda membuat cimol ini di rumah. Selain lebih murah juga lebih sehat untuk anak. Berikut ini cara membuat cimol enak untuk Anda:

Bahan-bahan

  • Tepung beras sebanyak 50 gram
  • Tepung kanji sebanyak 200 gram
  • Air panas sebanyak 150 ml
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk sebanyak ½ sdt
  • Soda kue sebanyak ½ sdt
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuatnya
  1. Bahan-bahan tersebut antara lain tepung kanji, tepung beras, garam, merica bubuk, dan air panas. Campurkan semuanya hingga rata.
  2. Kalau adonan sudah hangat dan benar-benar rata, lantas masukkan soda kue sesuai dengan takaran. Setelah itu aduk lagi adonan cimol sampai rata.
  3. Buat bulatan bulatan sesuai selera.
  4. Setelah minyak panas, goreng adonan cimol yang sudah dibentuk sampai matang.
  5. Cimol yang sudah matang bisa dihidangkan dengan bumbu sesuai dengan selera anda.
Bisa juga dihidangkan dengan saus yang terbuat dari cabai rawit, air, garam, gula, bawang putih, gula merah, dan asam jawa. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih, lalu saring dan tuang saus ke atas cimol.

Ada banyak penyajian yang dilakukan untuk resep cimol kering terbaru yaitu bisa ditaburi bumbu balado pedas, bubuk cabe instan ataupun saus kacang juga tidak kalah enak kok. Jadi agar tidak bosan anda bisa variasikan penyajian cimol sesuka hati bunda semua. Saat santai dan ada waktu luang maka langsung saja deh praktekkan semua ilmu memasak tersebut.

Cukup banyak juga resep resep tradisional seperti resep kue cucur tradisional yang rasanya manis enak. Kue cucur ini bisa juga menggunakan warna warni, misalnya saja kue cucur hijau yang lebih menarik, ada juga resep onde onde ketawa dan resep lainnya.