Yuk belajar cara bikin kue lemper daun pisang sederhana

Yuk belajar cara bikin kue lemper daun pisang sederhana. Belajar bikin kue lemper menjadi acara wajib bagi ibu ibu rumah tangga, sebab kue lemper ini cukup sering muncul di berbagai acara, baik acara resmi maupun saat ada selamatan keluarga. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencoba belajar membuat kue lemper secara lengkap.

kue lemper sederhana


Salah satu hal yang mesti dipelajari adalah bagaimana cara membungkus kue lemper sehingga daun pisang tidak pecah dan bungkusannya rapih. Sebagaimana diketahui bahwa kue lemper saat ini cukup banyak kreasinya, mulai dari kue lemper sederhana hingga kue lemper dengan aneka macam dan ragam isinya.

Namun demikian pada hakekatnya isian kue lemper adalah lain soal, sebab isi kue lemper bisa anda buat secara terpisah. lebih penting dari itu adalah cara membuat masakan ketannya. Sebab enak tidaknya kue lemper tergantung dari keahlian anda dalam membuat nasi ketan. nah jika anda sering gagal dalam bikin nasi ketan, yuk belajar sekali lagi cara memasak beras ketan dahulu. Dan selanjutnya yuk ikuti resep cara bikin kue lemper daun pisang selengkapnya

Resep kue lemper sederhana

    250 gram ketan
    250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
    1/2 sendok teh garam
    1 batang serai (dimemarkan)
    2 lembar daun salam
    Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)


Cara Membuat Lemper Sederhana

⇶Langkah pertama buat terlebih dahulu bahan isiannya dengan cara tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga menjadi harum, masukkan santan ayam, salam serta daun jeruk hingga matang dan santan habis kemudian angkat.

⇶Kemudian kita akan buat nasi ketannya, caranya rendam ketan selama 2 jam, lalu cuci hingga bersih, tiriskan dan kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat kemudian sisihkan.

⇶Berikutnya, rebus santan bersama dengan daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus kemudian aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat kemudian kukus ketan hingga matang.

⇶Bungkus dengan daun pisang dan ikat dengan lidi. cara membungkus kue lemper cukup mudah, yakni ambil selembar daun pisang, isi dengan nasi ketan secukupnya, dan bungkus dengan menggulungnya.

Kue lemper merupakan salah satu kue tradisional yang masih mampu bertahan hingga sekarang. Masih banyak kue kue yang mesti anda selamatkan dari terjangan kue kue modern. belajar lebih banyak kue kue peninggalan leluhur di resep kue tradisional enak