Yuk belajar masak bubur ayam sendiri

Bubur ayam sering kita jumpai di jual pedagang keliling. Bubur ayam biasanya di jual dengan gerobak oleh para pedagang kaki lima. Pada umumnya bubur ayam sebagai sajian untuk menu sarapan pagi. Meskipun demikian kadang kita jumpai bubur ayam di jual pada sore hari. Membuat bubur ayam sebenarnya cukup mudah. Bahkan pengalaman dalam pembuatan bubur nasi sangat membantu. Sehingga praktis anda hanya belajar masak bahan pendukung bubur ayam.

bubur ayam


Proses pembuatan bubur ayam melalui beberapa tahapan. Tahap membuat masakan bubur nasi dan tahap pembuatan bahan pelengkap penyajian bubur ayam. Saat ini satu porsi bubur ayam biasanya di jual sekitar 10 ribuan. Nah bagi bunda yang ingin mencoba masak bubur ayam sendiri. Ada baiknya mengikuti resep bubur ayam berikut :

Bahan bahan
- 500 gram beras putih, cuci bersih lalu tiriskan
- 1,5 liter kaldu ayam
- 4 lembar daun salam
- 2 sdt garam

Bumbu Halus
- 10 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 sdt ketumbar
- 2 cm kunyit
- 5 butir kemiri

Bahan Membuat Kuah
- 1 ekor ayam kampung
- 3 liter air
- 4 sdm minyak goreng
- 1 sdt lada
- 2 sdt garam

Cara membuat bubur ayam
Untuk membuat bubur ayam, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah rebus ayam dalam 3 liter air yang telah dibumbui garam dan sedikit minyak. Lalu masak ayam hingga lunak, tiriskan ayam dan simpan air kaldunya. Jangan lupa untuk manfaatkan setengah bagian atau 1,5 liter air kaldu untuk memasak bubur. Caranya, campurkan kaldu ayam, beras putih, garam, dan daun salam ke dalam panci, lalu aduk hingga merata. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga bubur menjadi kental.

Cara membuat kuah bubur ayam
Untuk membuat kuah dalam bubur ayam, kamu perlu menumis bumbu halus hingga harum. Masukkan sisa air kaldu ayam dan satu ekor ayam yang tadi disisihkan untuk direbus kembali. Tunggu hingga air mendidih dan angkat ayam yang tadi direbus. Gunakan kuah untuk menambah lezat sajian bubur ayam. Sementara itu setelah agak dingin, goreng ayam hingga berwarna keemasan, lalu suwir-suwir dengan bantuan garpu.

Cara menyajikan bubur ayam
Untuk menyajikan makanan ini, hidangkan bubur ke dalam mangkok. Tambahkan kuah, ayam suwir, cakwe, seledri, dan kacang tanah sesuai selera. Agar lebih lezat, jangan lupa tambahkan bawang goreng dan kerupuk udang sebelum bubur disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan agan agan dan nonsa non non berkomentar yang baik baik aja