Masakan oseng oseng daun pepaya enak tidak pahit

Daun pepaya merupakan salah satu bahan resep masakan yang cukup banyak penggemarnya. Lantas bagaimana cara masak dau pepaya sehingga tidak terasa pahit. Masakan daun pepaya tidak pahit lebih enak dan mantap. Da cukup banyak masakan daun pepaya, mulai dari urap dan pepaya hingga sayur daun pepaya. Dan pada resep sayuran oseng daun pepaya kali ini yakni masakan oseng oseng daun pepaya sederhana tidak berasa pahit.

Masakan oseng oseng daun pepaya


Tak harus menyiapkan ikan atau daging untuk mendapatkan masakan yang enak serta kaya nutrisi. Berbagai macam sayuran sebenarnya sangat enak dan bergizi, salah satunya adalah daun pepaya. Enak dimasak sayur dan enak juga dimasak oseng oseng. Resep masakan oseng oseng banyak penggunanya karena cepat dan mudah bikinnya. Bahan bahan untuk membuat masakan oseng daun pepaya juga sangat sederhana yakni daun pepaya. Biasanya sih dengan tambahan ikan teri biar lebih enak.

Salah satu sayur yang bisa dimasak menjadi masakan super lezat dan murah harganya adalah masakan daun pepaya oseng oseng. Untuk membuat tumis bunga pepaya yang lezat dan tidak pahit ternyata cukup mudah. Tumisan sayur daun pepaya memang dapat dibilang masakan yang memiliki rasa pahit, namun justru disitu letak kenikmatannya yakni rasa pahit namun enak.

Selain buahnya yang manis, pepaya juga mempunyai daun yang bisa digunakan untuk obat herbal atau dijadikan  sebagai masakan. Namun, rasanya terkenal pahit karena daun pepaya mengandung senyawa alkanoid karpain. Walaupun daun pepaya banyak mengandung manfaat dan gizi yang tinggi, tapi banyak orang yang tidak suka dengan daun pepaya karena rasanya yang pahit. Maka bagaimana cara untuk membuat rasa pahit daun pepaya hilang? Berikut tipsnya lengkapnya :

Direndam menggunakan garam dapur : Caranya: cuci daun pepaya sampai bersih lalu rendam daun pepaya dengan air yang dicampur dengan garam dapur sekitar 1 jam. Setelah itu buang airnya, tiriskan daun pepaya sampai terpisah dengan airnya sambil diremas.

Direndam menggunakan gula pasir : Caranya cukup di rendam daun pepaya menggunakan air yang dicampur dengan gula pasir, tunggu sekitar 1 jam, rasa pahit daun pepaya akan menghilang. Daun pepaya siap untuk dimasak.

Direbus dan dicampur dengan daun Jambu Biji : Caranya rebus daun pepaya dengan daun jambu biji. Masukkan 3 helai daun pepaya dan 3 helai daun jambu biji. Biarkan sampai air rebusan mendididih, lalu angkat rebusan daun pepaya. Pisahkan daun jambu biji dengan daun pepaya, maka daun pepaya siap untuk dimasak.

Direndam menggunakan asam jawa : Caranya sangat mudah. Cuci daun pepaya sampai bersih, iris daun pepaya, masukkan ke dalam wadah. Kemudian taburkan asam jawa ke dalam wadah yang sudah berisi irisan daun pepaya. Tunggu sampai 15-20 menit lalu, pisahkan irisan daun pepaya dengan ke dalam wadah yang sudah di sediakan.

Meremas remas daun Pepaya : Caranya sangat mudah. Ambil daun pepaya, kemudian diremas-remas menggunakan tangan. Letakkan daun pepaya yang sudah diremas di air keran atau air yang mengalir, tunggu beberapa menit sampai getah yang menempel di daun pepaya hilang. Daun pepaya siap untuk dimasak. Nah berikut resep lengkap masakan sayuran hijau oseng daun pepaya.

Bahan bahan masakan oseng daun pepaya
⇒Daun pepaya : sekitar 1 ikat, pilih daun pepaya yang masih muda muda
⇒Garam : sekitar 2 sendok untuk remasan
⇒Soda kue : kira kira 1/2 sendok teh
⇒Bawang putih : kira kira 4 siung ukuran sedang, iris iris tipis
⇒Lengkuas : cukup 1 kerat
⇒Bawang merah : gunakan 6 buah, iris iris tipis
⇒Cabe rawit merah : 6 buah ( sesuaikan ), iris iris serong
⇒Merica bubuk : cukup setengah sendok teh
⇒Santan : sekitar 1 gelas ( 200 ml )
⇒Ikan teri : saecukupnya ( 50 gram ), boleh tidak pakai
⇒Minyak goreng / sayur : sekitar 2 hingga 3 sendok
⇒Garam, gula, dan penyedap rasa : sesuaikan dengan selera

Cara memasak masakan oseng daun pepaya
⇔Sebelum bunda masak daun pepaya supaya berkurang rasa pahit daun pepaya, maka sebaiknya campurkan dahulu dengan sekitar 2 sendok garam. Kemudian remas remas secara perlahan dan cuci hingga bersih.
⇔Selanjutnya rebus air secukupnya dan masukkan soda kue, hal ini bertujuan supaya daun pepaya lebih empuk.
⇔Setelah mendidih lantas masukkan daun pepaya dan rebus beberapa saat hingga daun pepaya matang
⇔Setelah cukup dingin bilas dengan air dingin beberapa kali hingga air perasan bersih.

⇔Kemudian daun pepaya buat bulatan dan potong potong kasar, simpan dahulu.
⇔Sementara itu siapkan wajan dan tuang 2 hingga 3 sendok minyak goreng, gunakan api kecil saja
⇔Lantas tumis bawang merah dan bawang putih sebentar saja.
⇔Lalu masukkan cabe rawit iris, dan lengkuas geprek, aduk aduk sebentar.
⇔Berikutnya masukkan santan, merica halus, dan juga daun pepaya
⇔Tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya ( tambah ikan teri jika ada )
⇔Aduk aduk secara perlahan hingga kuah santan tinggal sedikit
⇔Tes rasa dan angkat serta sajikan bersama lauk pauk atau sayuran lainnya

resep oseng oseng daun pepaya tersebut sudah tayang di https://inforesepmasakansederhana.com/resep-sayuran-berkuah-menu-hidangan-keluarga/