Jajanan tradisional murah sederhana dari ketela pohon

Indonesia kaya akan berbagai macam jenis aneka kue tradisional dengan cita rasa jajanan tradisional. Salah satu jajanan tradisional yang cukup terkenal luas di masyarakat pasundan yakni misro yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon. Singkong menjadi salah satu bahan utama kue kue tradisional nusantara yang bukan saja murah, namun juga bisa disajikan dalam bentuk apapun, baik di goreng, direbus, maupun dijadikan berbagai macam jenis penganan murah meriah. Inilah jajanan tradisinal murah meriah sederhana bahan ketela pohon.

Jajanan tradisional murah


Tape singkong : Tape singkong merupakan olahan singkong kukus yang telah difermentasi, kamu pun dapat membuatnya sendiri dirumah lho. Jika sudah menjadi tape singkong, rasanya manis, asam dan lembut, selain dimakan langsung, tape singkong dapat dimodifikasi menjadi makanan dan minuman lezat lainnya seperti, tape goreng, cake tape, prol tape, brem, bahan isian es campur, es doger dan juga es tape. Enak banget kan?

Combro : Jika misro memiliki cita rasa manis, combro rasanya gurih dengan isisan oncom. Bahan dan cara membuatnya sama dengan misro tetapi combro dibuat gurih dan pedas. Nama combro sendiri merupakan singkatan dari ‘Oncom di jero’ yang berarti 'Oncom di dalam'. Tidak selalu oncom, banyak penjaja gorengan membuat combro dengan isian tempe cincang yang dibumbu pedas. Enak banget!

Misro : Misro adalah gorengan dari singkong parut, ditambah parutan kelapa secukupnya dan sedikit garam kemudian dicampur rata sampai bahan dapat dipulung dan dibulatkan. Sebelum digoreng, di dalam adonan misro diberi isian gula merah dan setelah matang gula merah akan meleleh, yummy deh! Belajar yuk cara bikin misro

Sawut : Membuat sawut cukup mudah, kupas singkong lalu cuci bersih, setelah itu serut kasar singkong, tambahkan gula merah yang telah disisir dan sedikit garam, lalu masukkan ke dalam panci kukus dan tunggu hingga matang. Seperti halnya getuk, sawut juga disajikan dengan parutan kelapa. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis. Enak!

Lemet : Lemet terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula merah, sedikit garam kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Jajanan ini simpel tetapi mengenyangkan. Rasanya manis, lembut, dan kenyal singkong.

Getuk : Getuk adalah singkong yang dikukus kemudian dihaluskan, setelah halus, voila! Jadilah getuk. Getuk biasanya dibuat pilihan dengan rasa orisinal yang diberi sedikit garam atau dibuat manis dengan menambahkan gula merah saat dihaluskan. Untuk menikmati getuk, cukup taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan dibumbui sedikit garam. Tujuan pengukusan agar kelapa tidak mudah basi dan penambahan garam supaya kelapa menjadi lebih gurih. Nah, saat ini getuk juga sudah divariasikan dalam berbagai bentuk lho, seperti:

Getuk lindri: Getuk lindri adalah getuk yang diberi warna beraneka macam seperti hijau, pink dan cokelat, kemudian dicetak sehingga bertekstur seperti mi dan dipotong kotak, setelah itu sajikan dengan kelapa parut.

Getuk goreng: Getuk goreng adalah oleh-oleh khas dari daerah Sokaraja, Banyumas dan Purwokerto. Berbahan dasar getuk manis kemudian dibentuk sesuai selera dan digoreng dengan melapisi getuk memakai adonan tipis tepung. Rasanya manis, legit dan empuk.

Getuk trio: Dinamakan trio mungkin karena dalam satu irisan getuk terdapat tiga warna, yaitu putih, pink dan cokelat namun tanpa taburan kelapa parut. Kemasannya yang praktis dan rasanya yang lembut membuat getuk ini populer sebagai oleh-oleh dari Magelang. Cobain juga Resep Wingko Babat Kelapa lembut enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan agan agan dan nonsa non non berkomentar yang baik baik aja