Resep Wingko Babat Kelapa lembut enak

Resep Wingko Babat Kelapa lembut enak. Bagi anda semua yang sedang mencari informasi mengenai resep kue Wingko Babat. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang saat ini sedang anda butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang resep wingko babat khas Semarang yang pastinya enak dan juga empuk. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Wingko Babat Kelapa


Berbicara tentang kue tradisional yang bernama wingko ini, sangat sulit memisahan anatara wingko dan kota Semarang. Jika mengngat wingko pasti ingat akan kota semarang, jadi bagi anda warga Semarang yang kebetulan sedang jauh dari kampung halaman dan kangen makanan tradisional yang satu ini, jangan sedih, toh anda bisa membuat sendiri koq wingko babat yang nikmatnya sama dengan yang ada di kota Semarang. Namun tidak semua dari anda suka rasa dari kue wingko ini, anda bisa mencoba resep yang lain seperti lumpia goreng khas Semarang misalnya.

Nah kini sebagai orang Nusantara asli yang mencintai budaya kuliner Nusantara, anda wajib setidaknya tau makanan tradisional asli khas Nusantara dari berbagai daerah. Jika mungkin ada baiknya jika anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sekaligus ikut membantu melestarikan budaya kuliner Nusantara asli. Untuk itu bagi anda yang sudah siapkan bahan-bahan segera saja anda coba resep wingko babat yang berikut ini.

Ada satu lagi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Semarang. Wingko babat jadi kudapan khas ibukota Jawa Tengah ini. Manis legit dengan citarasa gurih dari kelapa membuatnya selalu bikin kangen. Ah, kira-kira mana wingko babat yang paling legit enak untuk oleh-oleh? baca juga Yuk belajar membuat kue kastengel

Wingko babat terbuat dari paduan tepung beras ketan, kelapa muda, dan gula. Proses pembuatannya pun sangat mudah. Bahan utama pembuatan wingko babat adalah kelapa. Oleh karena itu,  dapat dikatakan bahwa resep ini adalah resep paling dikenal, sekaligus resep wingko babat paling sederhana. Bagi Anda yang baru pertama kali akan mencoba membuat wingko babat, resep ini tentunya merupakan resep yang harus Anda coba. Simak resepnya berikut ini.

Meski populer di Semarang, namun wingko babat justru aslinya dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Konon, pertama kali dibuat di kecamatan Babat yang kemudian namanya diabadikan menjadi wingko babat. Biasanya dibuat dalam ukuran mungil sekali makan. Namun wingko babat juga sering dibuat dengan ukuran besar dan diiris kecil terlebih dulu sebelum disajikan.

Mengunjungi pusat oleh-oleh di Semarang di jalan Pandanaran, ada beberapa wingko babat dalam merk berbeda yang ditawarkan. Sekilas, semuanya tampak sama dan sama-sama dikemas dalam kemasan satuan. Kemudian ditaruh dalam tas-tas kertas dalam beragam warna dan merk. Selintas semuanya terlihat sama. Mana ya yang paling legit alami dan enak?

Wingko babat ini merupakan kudapan asli asal kota Babat, Lamongan, Jawa Timur. Masyarakat setempatnya biasa menyebut kudapan ini dengan nama kue wingko. Pada masa perang dunia ke II, kira-kira pada tahun 1944, sebuah keluarga etnis Tionghoa bermigrasi dari kota Babat menuju Semarang. Sepasang suami istri tersebut bernama The Ek Tjong (D Mulyono) dan Loe Lan Hwa. Aneka kue basah andalan pedagang pinggir jalan


Keduanya melihat peluang bisnis, karena di kota Semarang belum mengenal kue wingko. Maka dua tahun kemudian keduanya mulai merintis usaha penganan yang diberi nama wingko babat. Jadi, mengapa dinamakan wingko babat, karena asal kue ini semula memang dari kota Babat, meski pada akhirnya populer di kota Semarang. Berikut cara membuat wingko babat selengkapnya

Bahan bahan Wingko Babat Kelapa
  • 100 gram kelapa parut
  • 75 gram ketan putih
  • 2 sendok santan kental
  • 1,5 sendok gula pasir, vanilli
  • garam secukupnya. Selanjutnya.
Cara membuat Wingko Babat Kelapa

  • Campurkan semua bahan dan adonlah kecuali santan karena santan digunakan pembasah adonan Anda.
  • Selanjutnya, bentuk adonan Anda dengan bentuk bulat pipih lalu panggang diteflon dengan api yang kecil.
  • Anda bolak balik adonan yang sudah dibentuk dan dipanggang sampai kecoklatan, angkat dan siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan agan agan dan nonsa non non berkomentar yang baik baik aja